by

Trik Rahasia Mengatasi Mata Pedih Saat Mengupas dan Mengiris Bawang Merah

-Life Style-90 views

Maminez.com. Trik Rahasia Mengatasi Mata Pedih Saat Mengupas dan Mengiris Bawang Merah. Saat mengupas dan mengiris bawang merah sering kali kita merasakan pedih pada mata kita ya Mamz, hal ini dikarenakan bawang merah memiliki kandungan zat sulfur yang akan bereaksi dan berubah menjadi asam sulfenat.

Namun tidak perlu khawatir Mamz, karena sebenarnya ada trik Jitu yang dapat kita gunakan untuk menangkal rasa pedih tersebut. Mau tau apa saja triknya Mamz? Maminez sudah rangkumkan langkah – langkahnya dibawah ini.

1. Nyalakan lilin saat memotong bawang merah
Nyalakan lilin di dekat talenan saat Mamz ingin mengiris bawang merah. Menyalakan Lilin saat mengiris bawang merah akan sangat membantu. Panas dari api akan menarik senyawa sulfenat sehingga tidak akan mengenai mata kita.

2. Gunakan pisau anti-karat
Memilih pisau anti – karat untuk mengiris bawang merah ternyata cukup ampuh untuk mengurangi penyebaran asam sulfenat. Asam sulfenat akan Menyebar saat kita menggunakan pisau yang tumpul. Namun saat kita menggunakan pisau anti-karat yang tajam, penyebaran senyawa ini akan berkurang.

3. Dinginkan sebelum diiris
Masukkan bawang merah ke dalam lemari pendingin selama 10 – 30 menit sebelum diiris. hal ini cukup ampuh untuk mengatasi mata pedih saat mengiris bawang merah loh Mamz, tapi sebelum meletakkannya di dalam lemari pendingin sebaiknya kupas kulit terluarnya ya Mamz.

4. Iris di dalam air
Kita bisa mengiris bawang merah di dalam rendaman air atau di air yang mengalir (Air Kran). Hal ini sepertinya agak sulit untuk dilakukan. Namun cara ini ternyata cukup ampuh loh Mamz untuk mengurangi rasa pedih pada mata karena asam sulfenat terendam air dan tidak sampai kemata kita Mamz.

Baca Juga :   Bijak Gunakan Medsos, Hindari Upload 5 Foto Ini

5. Mengenakan kacamata renang
Melindungi mata kita dengan kaca mata renang saat mengupas dan mengiris bawang merah. Kaca mata renang dapat melindungi seluruh bagian mata kita Mamz sehingga asam sulfenat tidak akan ada yang masuk kedalam mata kita.

6. Oleskan cuka ke talenan
Semprotkan sedikit cuka yang telah dicampur air pada talenan kita Mamz . Komposisi cuka dan airnya adalah 50 : 50. Hal ini diyakini dapat menahan penyebaran asam sulfenat yang keluar dari bawang merah saat kita Mengirisnya.

7. Letakkan garam di dekat kita.
Meletakkan garam di dekat kita saat sedang mengiris bawang merah patut dicoba loh Mamz. Sebab garam bisa menetralkan uap asam sulfenat sebelum mengenai mata kita Mamz.

8. Jaga arah mata angin.
Sebelum mengiris bawang merah sebaiknya perhatikan arah mata angin. Pastikan angin tidak mengarah ke tubuh/mata kita ya Mamz. Hal ini dilakukan agar uap senyawa sulfur yang memicu air mata terbang kearah yang berlawanan dengan tubuh/mata kita.

9. Tusukan ujung pisau pada bawang merah.
Tusukkan ujung Pisau pada satu siung bawang merah utuh. lalu gunakan pisau tersebut untuk mengiris bawang merah lainnya. Biarkan bawang utuh itu tetap berada di ujung pisau saat kita sedang mengiris. Tujuannya adalah supaya uap asam sulfenat yang keluar dari bawang diserap oleh bawang yang ada di ujung pisau.

10. Gunakan alat pengiris bawang
Trik terakhir agar mata tidak Pedih mengiris Bawang Merah adalah dengan menggunakan alat pengiris bawang. Dijamin mengiris bawang akan beres dalam sekejap Mamz, Pastinya mata kita aman dan bebas dari rasa Pedih.

Demikian Trik dari Maminez untuk terbebas dari mata pedih saat mengupas dan mengiris bawang merah, temukan Trik praktis lainnya di Maminez.com dan Jangan lupa untuk like fanspage maminez.com ya Mamz.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *