by

Resep Rendang Daging Khas Padang

Maminez.com. Resep rendang daging khas padang. Rendang merupakan salah satu masakan terenak didunia, Rendang memiliki cita rasa pedas dan diolah dengan menggunakan campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah.
Untuk menghasilkan rendang daging yang enak dibutuhkan proses memasak dengan waktu yang cukup lama (+/- 4 jam) namun meskipun lama, masakan rendang ini mampu tahan hingga berminggu-minggu dalam suhu ruangan.

Untuk memasak rendang daging khas padang ini tidak terlalu sulit kok Mamz. Namun kita dituntut untuk memiliki kesabaran dalam proses pembuatannya. Sebagai salah satu hidangan yang masuk dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia versi CNN International) ada baiknya kita coba memasaknya didapur kita, langsung kita eksekusi yuk Mamz.

Bahan Utama:
– 2 ltr santan (dihasilkan dari 2 buah kelapa tua)
– 1 kg daging

Bahan Rempah:
– 2 lembar daun kunyit, simpulkan
– 4 lembar daun jeruk purut
– 2 cm asam kandis (gelugur)
– 2 batang daun serai, memarkan

Bumbu Halus:
– 12 butir bawang merah
– 2 cm jahe, bakar
– 1 sdt jintan, sangrai
– 1/2 sdt pala
– Penyedap rasa secukupnya
– 100 g cabe merah besar
– 100 g cabe merah keriting
– 3 cm kunyit, bakar
– 1/2 sdm ketumbar
– 2 sdt garam
– 6 siung bawang putih
– 5 butir kemiri
– 2 cm lengkuas

Langkah Pembuatan :
Potong-potonglah daging rendang dengan bentuk kotak-kotak (dadu) atau sesuai dengan ukuran yang diinginkan. jangan memotong daging dengan ukuran terlalu kecil hal ini dilakukan agar pada saat daging dimasak daging tidak menjadi hancur. Siapkan wajan berukuran besar. Tuangkan santan ke dalamnya. Masukkan bahan rempah, aduk-aduk perlahan hingga benar-benar mendidih, yakinkan bahwa santan yang sedang dimasak tidak pecah. Jika santan telah mendidih, masukkanlah bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dengan perlahan-lahan dan sesekali diaduk. Lakukan selama 20-30 menit. setelah santan terlihat telah berminyak, Masukanlah potongan daging rendang yang sudah dibersihkan. Atur nyala api kompor menggunakan api kecil atau sedang, lalu masaklah hingga santan mengental dan mengering dan bumbu meresap ke dalam pori pori daging. Lanjutkan memasak hingga daging menjadi empuk dan matang dengan merata, yang sabar saat mengaduk-aduknya ya Mamz, ingat aduk dengan perlahan dan terus-menerus supaya bagian dasar tidak menjadi gosong dan daging matang dengan sempurna.

Baca Juga :   Resep Udang Saus Jeruk

Bagaimana Mamz? Ternyata resep daging rendang khas padang ini cukup mudah dan sederhana kan? resep ini juga tidak terlalu sulit untuk dipraktekkan dirumah. Selamat mencoba ya Mamz dan semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *