by

Inilah 8 Cara Mudah dan Ampuh Atasi Perut Kembung Saat Haid

Maminez.com. Inilah 8 Cara Mudah dan Ampuh Atasi Perut Kembung Saat Haid. Perut kembung adalah salah satu gejala sindrom pramenstruasi (PMS) yang dapat terjadi 1-2 minggu sebelum menstruasi berlangsung, dan hal ini tentu saja membuat Mamz tidak nyaman, dan parahnya sering merasa berat badan Mamz bertambah karena perut yang menonjol keluar.

Nah, pengen tahu kan, cara mudah dan ampuh atasi perut kembung saat haid atau datang bulan? Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Mamz lakukan untuk mengatasi perut kembung saat haid.

1. Kurangi makanan asin

Makanan asin, tentu saja mengandung garam yang memiliki zat Natrium yang ternyata dapat meningkatkan jumlah air yang disimpan tubuh. Menghindari makanan asin dapat membantu mengurangi penumpukan cairan dan mencegah perut kembung saat haid loh Mamz.

Hal tersebut di rekomendasikan The American Heart Association agar membatasi asupan garam hingga 1.500 miligram (mg) per hari. Salah satu cara menghindari kelebihan garam adalah dengan memasak makanan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan segar, yah hambar sedikit gak papa lah Mamz.

2. Perbanyak makanan yang kaya kalium

Mengkonsumi makanan yang kaya kalium ternyata mampu membantu mengurangi perut kembung saat haid. hal itu  erdasarkan fungsi kalium dalam tubuh yaitu menurunkan kadar natrium dan meningkatkan produksi urine.

Kalium mencegah penumpukan cairan yang bisa membuat perut jadi kembung ketika haid, Lalu, makanan yang kaya kalium apa saja ya Mamz? wah ternhyata ada disayuran loh Mamz, sayuran hijau gelap, seperti bayam, ubi, pisang, alpukat, dan tomat mengandung banyak kalium.

3. Perbanyak makanan bersifat diuretik alami

Diuretik berarti dapat meningkatkan produksi urine. Memproduksi lebih banyak urine membantu tubuh untuk menyingkirkan air yang berlebihan, dengan cara ini, diuretik membantu mengurangi volume air yang terlalu banyak dalam tubuh.

Baca Juga :   Inilah Tips Menyimpan Asi Yang Benar untuk ASI Eksklusif Bayi Anda

Dengan mengonsumsi makanan tersebut Anda bisa mengurangi perut kembung saat haid. Makanan yang bertindak sebagai diuretik alami meliputi asparagus, nanas, timun, daun bawang, jahe, dan bawang putih.

Diuretik juga tersedia dalam bentuk pil. Dokter mungkin meresepkan ini jika Anda mengalami perut kembung yang lebih parah dan perawatan rumahan lainnya tidak membantu.

4. Jangan Sampai Kekurangan Air Minum

Jika di 3 cara tersebut haru banyak membuang air, lha kok ini malah justru harus perbanyak minum air? Pastikan Anda minum banyak air pada hari-hari menjelang menstruasi. Cobalah membawa botol air bersama Anda, dan tujukan untuk mengisinya beberapa kali sehari. Untuk menghindari dehidrasi yah Mamz.

Pada umumnya minum air putih delapan gelas sehari (sekitar dua liter) dapat mencukupi kebutuhan air banyak orang.  Namun, kebutuhan tiap orang berbeda-beda Mamz, jadi ya sesuaikan saja dengan kebutuhan tubuh sendiri ya Mamz.

5. Selalu Olah Raga Secara Teratur

Olahraga teratur dapat membantu mengatasi gejala PMS. Ketika perut kembung adalah gejala PMS, olahraga teratur dapat membantu mengurangi itu. Hal itu berdasarkan pada penelitian tahun 2013 yang menemukan fakta bahwa :

Olahraga teratur adalah kunci untuk mengurangi gejala PMS. Para ahli menyarankan untuk melakukan salah satu dari yang berikut:

  • Beberapa jam aktivitas fisik dalam seminggu
  • Satu jam atau lebih aktivitas berat dalam seminggu
  • Kombinasi tingkatan aktivitas Anda

Supaya tubuh lebih bugar, Anda bisa menambahkan beberapa latihan khusus untuk membangun otot dalam seminggu. Atau setidaknya untuk tetap sehat, Anda bisa melakukan latihan rutin selama 2,5 jam dalam seminggu..

6. Sebisa Mungkin Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein justru bisa menyebabkan perut kembung dan gejala lain dari PMS. Jika Anda susah menghindari secangkir kopi di pagi hari, atau minuman beralkohol di malam hari, cobalah menggantinya dengan minuman yang memiliki lebih sedikit kafein, seperti teh, atau gantikan sebagian kopi berkafein untuk jenis tanpa kafein. Demikian juga minuman yang mengandung alkohol.

Baca Juga :   Wow! 3 Hal Ini Membuat Risiko Kanker Payudara Meningkat, Tak Disangka Nomer 3 Ternyata...

7. Wajib Hindari karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan, seperti tepung dan gula olahan, menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Kondisi ini dapat meningkatkan tingkat insulin dalam darah, yang akhirnya merangsang ginjal untuk menahan natrium.

Nah, tingginya jumlah natrium membuat cairan menumpuk hingga perut terasa kembung. Maka itu, sebaiknya hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana dan karbohidrat olahan terlalu banyak seperti gula dan makanan manis lainnya.

8. Pro dan Kontra Penggunaan Pil KB

Hi, Mamz ada pro dan kontra ketika mengatasi perut kembung saat haids dengan pil KB, karena pada kenyataannya efek yang dihasilkan masing-masing orang bisa berbeda, beberapa wanita melaporkan bahwa pil KB membuat perut terasa lebih kembung namun tak sedikit yang mneytakan kembung jadi lebih ringan.

Lebih baik diskusikan terlebih dulu dengan dokter dan mencoba beberapa jenis yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk atasi perut kembung saat haid

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *