by

Manfaat Ampuh Kopi dalam Kehidupan Sehari-hari

-Life Style-60 views

Maminez.com. Manfaat Ampuh Kopi dalam Kehidupan Sehari-hari. Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak sekali peminatnya, tidak hanya nikmat untuk diminum ternyata kopi juga dapat memberikan manfaat lain bagi kehidupan manusia.

Berikut maminez ulas beberapa manfaat ampuh kopi dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita coba aplikasikan dirumah kita Mamz.

1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap
Seringkali tercium aroma tidak sedap dirumah kita, baik itu dari kamar mandi, dapur, atau dari ruangan lainnya, aroma itu kadang sulit untuk diredam namun tidak ada salahnya kita mencoba meredamnya dengan kopi. Aroma kopi tidak hanya menghalau bau, melainkan juga menyerapnya hingga benar-benar lenyap. untuk menyerap bau dengan kopi caranya juga mudah, cukup gunakan ampas kopi atau bubuk kopi kering, lalu letakkan di sebuah wadah datar dan tempatkan di sudut-sudut dekat sumber bau. Atau bisa juga dengan memasukkan bubuk atau ampas kopi ke dalam kaus kaki bekas, lalu ikat kuat-kuat, dan tusuk di beberapa bagian untuk mengeluarkan aromanya. Kita bisa menggantungkannya di depan kipas angin atau di bawah pendingin udara. Semakin banyak ampas atau bubuk kopi maka semakin banyak pula aroma tidak sedap yang akan diserap. Namun kita tidak dapat menggunakannya terus menerus Mamz, karena manfaat peredamnya akan hilang seiring bergantinya hari.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati
Kopi memiliki kandungan antioksidan yang mampu menyeimbangkan kadar ph pada kulit kita dan dapat memerangi radikal bebas. Menjadikan bubuk kopi sebagai scrub merupakan langkah tepat untuk mengangkat kulit mati lebih banyak, caranya cukup tambahkan bubuk kopi dengan air hingga menjadi pasta lalu gunakan layaknya scrub, biarkan beberapa saat sebelum membilasnya,dengan kopi, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal.

Baca Juga :   Trik Rahasia Mengatasi Mata Pedih Saat Mengupas dan Mengiris Bawang Merah

3. Mencuci Rambut
kadar ph yang rendah pada kopi merupakan salah satu keuntungan menggunakan kopi sebagai bahan pencuci rambut, ph yang rendah membuat kelembaban rambut tetap terjaga. Selain mampu mengangkat sel kulit mati dikepala, bubuk kopi jg mengurangi risiko rambut berketombe. Kandungan kafein pada kopi dapat menstimulasi folikel rambut agar tumbuh lebat dan kuat. Penggunaan kopi sebagai masker rambut juga dapat menjadikannya rambut lebih bersinar dan juga mempertahankan warna alaminya rambut loh Mamz.

4. Penolak Serangga
Nyamuk dan kutu beras tidak menyukai aroma kopi, sehingga kita dapat menggunakan bubuk kopi sebagai penolak serangga yang alami. Cara menggunakan bubuk kopi sebagai pengusir serangga, tidaklah sulit yakni dengan hanya meletakkan bubuk kopi yang sudah kita masukkan kedalam wadah di depan area sirkulasi udara untuk nyamuk dan meletakkannya tempat penyimpanan beras bagi kutu beras. dan jika diperlukan dapat ditambah daun salam yang telah diremas.

5. Pembersih Noda Furnitur Kayu
Bagi para pecinta mebel kayu, terutama yang tampil polos, Jangan sedih dan bingung ketika warna alaminya furnitur memudar dan kusam. Meski saat ini banyak produk perawatan yang dapat dibeli dipasaran, namun tetap saja memiliki kandungan kimianya. Untuk Mengatasi warna yang pudar dan kusam secara alami kita dapat menggunakan kopi adapun caranya cukup dengan membasuh mebel dengan satu teko kopi yang mendidih. Gunakan spons, lap, atau kain untuk meratakan kopi di atas permukaan kayu. Biarkan selama 10–15 menit hingga dingin, setelah dingin lap furnitur dengan kain secara perlahan hingga kering.
untuk catatan : semakin mendidih air kopi akan mempengaruhi tingkat kegelapan warna.

6.Menyuburkan Tanah (Pupuk Kompos)
Ampas kopi ternyata bisa diolah menjadi pupuk kompos loh Mamz, pupuk kompos dari ampas kopi dapat meningkatkan kadar nitrogen pada tanah. Cara membuatnya juga mudah Mamz, kita hanya perlu menambahkan ampas kopi ke dalam adonan kompos, dan biarkan ampas kopi menyatu dalam proses fermentasi. Pastikan kadar airnya sedikit, sehingga manfaat kopi dapat meresap dengan baik ke bagian kompos.

Baca Juga :   Inilah Cara Paling Mudah Membuat Tulisan Miring, Tebal dan Coret di Whatsapp 2018

Demikian manfaat ampuh kopi dalam kehidupan sehari-hari, Selain mudah didapat cara mengaplikasikannya juga cukup mudah jadi tidak ada salahnya kita coba. semoga ulasan diatas bermanfaat ya Mamz dan jangan lupa untuk share agar semakin banyak yang tahu manfaat lain kopi dalam kehidupan sehari-hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *