by

Resep Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau

Maminez.com. Resep rendang jengkol empuk dan tidak bau. Hi Mamz, kali ini Maminez mau sharing cara membuat rendang jengkol yang empuk dan tidak bau. Sebagai penikmat jengkol, banyaknya cara pengolahan menjadi salah satu daya tarik tersendiri, adapun jengkol dapat kita masak menjadi semur jengkol, sambal goreng jengkol, gulai jengkol, jengkol kecap maupun rendang jengkol. Selain lezat ternyata jengkol juga memiliki kandungan gizi seperti protein, zat besi, kalsium, fosfor, Vitamin A,B1,B2 dan C. kandungan gizi tersebut sangat berguna bagi tubuh kita.

Membuat rendang jengkol sangat lah mudah Mamz, namun kita harus lebih bersabar untuk dapat menghasilkan rendang jengkol yang sesuai dengan keinginan kita. Rendang Jengkol yang enak, empuk dan tidak bau akan kita dapatkan jika kita dapat mengolah jengkol dengan benar dan tepat saat memasaknya .Yuk kita langsung gunakan Resep dan tips dibawah ini untuk mengolah jengkol agar empuk dan tidak bau.

Tips Menghilangkan Aroma Jengkol
Gunakan irisan daun jeruk untuk merebus jengkol terlebih dahulu sebelum dimasak. cara ini efektif menghilangkan aroma khas bau jengkol yang sangat menyengat .
Rendam jengkol dalam air kapur satu malam terlebih dahulu sebelum diolah. cara ini dapat menetralisir bau jengkol yang menyengat tanpa mengurangi kelezatan jengkol saat dimasak .

Bahan-bahan Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :
– 1/2 kg Jengkol (direndam dengan air selama 1 malam dengan daun jeruk atau kapur )
– 1/2 ltr Santan kental (dari 1/2 butir kelapa)
– 2 lembar Daun salam
– 1 ruas jari Jahe (di memarkan)
– 1 batang Serai (di memarkan)
– 1/4 ltr Air
– Garam, gula dan penyedap rasa secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Baca Juga :   Resep Saus Sambal Homemade

Bumbu Halus Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :
– 10 siung Bawang merah
– 6 siung Bawang putih
– 5 buah Cabai merah (dibuang bijinya)
– 4 buah Kemiri (di sangrai)
– 1 ruas jari Kunyit (di bakar)

Pelengkap :
Bawang goreng (digunakan sebagai taburan)

Cara Membuat Rendang Jengkol Empuk Dan Tidak Bau :
Rebus sampai 1/2 matang atau empuk jengkol yang sudah direndam semalaman, angkat dan tiriskan . Memarkan jengkol satu persatu sampai agak pipih atau gepeng namun hati-hati jangan sampai hancur . (hal ini dilakukan agar bumbu dapat meresap ke dalam jengkol). Selanjutnya panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus beserta daun salam , jahe dan serai sampai wangi dan matang . Sambil terus menumis masukkan jengkol sambil terus diaduk, tambahkan air dan masak kembali sampai jengkol benar-benar empuk . Masukan santan kelapa sedikit demi sedikit , lalu aduk-aduk agar santan tidak pecah . Tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa aduk sesekali dengan perlahan, biarkan masak hingga bumbu meresap dan mengental sedap . Angkat rendang jengkol dan taburkan bawang goreng di atas nya.

Demikian resep rendang jengkol empuk dan tidak berbau. Rendang Jengkol ini rasanya sangat enak loh Mamz, tapi harus diingat Mamz, makannya jangan terlalu banyak karena jengkol mengandung asam jengkolat yang dapat membuat kita keracunan.
Selamat menikmati ya Mamz, sampai jumpa lagi di resep-resep endess lainnya di Maminez.com.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *