by

Inspirasi Menu Idul Adha, 5 Kuliner Kambing Tersohor Jawa Tengah

Maminez.com. Inspirasi Idul Adha, 5 Kuliner Kambing Tersohor Jawa Tengah. Jawa Tengah bukan saja dikenal sebagai daerah budaya, namun berbagai kuliner juga tersohor berasal dari Jawa Tengah, termasuk Kuliner Kambing.

Yang paling gampang diinget ketika berhadapan dengan daging kambing tentu saja adalah kuliner Sate. Iyah, Sate memang sudah tidak asing lagi untuk rakyat Indonesia, hampir disetiap daerah di Indonesia selalu bisa dijumpai makanan yang merakyat ini.

Demikian juga di Jawa Tengah, masyarakat Jawa Tengah terkenal handal dalam mengolah daging kambing dengan tepat termasuk menghilangkan bau prengus kambing, masyarakat Jawa Tengah juga terkenal akan olahan kambing kaya rasa.

Jadi tak heran banyak wisatawan berburu kuliner kambing di Jawa Tengah. Olahan kambing khas Jawa Tengah ini bisa menjadi inspirasi untuk mengolah daging kambing, tulang kambing, dan jeroan kambing saat Idul Adha Hari ini.

Berikut adalah lima kuliner kambing di daerah yang terkenal akan kelezatannya, dilansir dari Kompas.com

1. Sate Buntel, Solo

Kuliner Kambing Sate Buntel
Kuliner Kambing Sate Buntel

Rumah Makan Sate Buntel Haji Bejo di Lojiwetan menjadi salah satu rumah makan yang menyajikan sate buntel di Solo yang juga menjadi rumah makan langgana Presiden Joko Widodo loh Mamz.

Sate buntel menjadi pilihan bagi orang yang enggan mengunyah daging kambing, karena bertekstur alot, sesuai namanya, daging kambing dicincang kemudian dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing sendiri.

Daging cincang sebelumnya dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah, setelah di buntel pun masih dilakukan pencelupan ke dalam bumbu kembali sebelum dan sesudah dibakar.

Alhasil rasa sate buntel sangat kaya rasa, dengan tekstur lembut mudah digigit. Di Solo, ciri khas sate buntel adalah tusuk sate dilepas saat menyajikan sate ke pelanggan.

Baca Juga :   Resep Nasi Goreng Putih

2. Tengkleng, Solo

Kuliner Kambing Tengkleng
Kuliner Kambing Tengkleng

Masih di seputaran Solo, agaknya kurang afdol jika tidak menyebut tengkleng sebagai kuliner kambing tersohor Jawa Tengah, hidangan kuliner yang satu ini memanfaatkan seluruh bagian kambing sehingga tidak ada yang mubazir loh Mamz. Mulai dari daging kambing, tulang, dan jeroan kambing direbus dalam waktu sekitar empat sampai lima jam bersamaan dengan 25 bumbu yang dihaluskan, dan tralalal, pastinya menghasilkan kuah kaldu kambing yang bening tetapi sangat kaya akan rasa.

Aroma tengkleng menyeruak apalagi jika dibungkus dengan daun pisang, hal ini tentu saja membuat siapapun tergoda untuk melahap tengkleng.

Di Solo rumah makan tengkleng yang terkenal ada Tengkleng Mbak Diah di Jalan Ir. Soekarno, Tengkleng Klewer Ibu Edi di dekat Pasar Klewer, dan Tengkleng Bu Jito ‘Dlidir’ di Jalan Kolonel Sugiyono.

3. Sate Kambing Muda, Tegal

Kuliner Kambing Sate Kambing Muda
Kuliner Kambing Sate Kambing Muda

Tegal juga terkenal akan olahan kambing khususnya sate kambing muda, dan sudah jelas, jika umumnya kambing yang diolah berusia muda. Sate Kambing Batibul Bang Alwi yang mengolah kambing baru tiga bulan (batibul). Pada usia tersebut dipercaya daging kambing lebih empuk dan lembut.

Sate Batibul Bang Alwi ini terletak di Jalan Raya Ujungrusi II, Adiwerna. Pemudik yang biasa melewati jalur Pantai Utara biasanya menjadi langganan dari rumah makan ini, hayoo siapa yang sudah pernah mampir menikmati Sate Kambing Muda di Pantai Utara Jawa ini yang diramu dengan penambahan kecap manis khas daerah.

4. Gecok, Tuntang

Kuliner Kambing Gecok
Kuliner Kambing Gecok

Idul Adha bosan dengan hidangan daging kambing dan kreasi yang itu-itu saja, cobalah gecok khas Tuntang, Jawa Tengah. Hidangan ini dipercaya terinspirasi dari jamu, karena menggunakan bahan rempah dan bumbu yang beberapa hanya dapat dibeli di toko bahan jamu.

Baca Juga :   Crispy Vegetable Fritters - Vegetable Tempura / Bakwan Sayur

Kuliner Gecok berisi tulang iga kambing, daging kambing, serta jeroan kambing yang dimasak dengan 25 rempah serta bumbu, termasuk jahe, cabe jaawa, kunyit, adas, kapulaga, mesoyi, kemiri, dan kayu manis kemudian dicampur blendo alias kelapa sangrai. Gecok juga dipercaya untuk menambah stamina, karena memberi sensasi rasa hangat di tenggorokan dan tubuh.

5. Gulai Kambing, Semarang

Kuliner Kambing Gulai Kambing
Kuliner Kambing Gulai Kambing

Tahukah Mamz, bahwa di Semarang punya kampung keturunan Arab yang penduduknya mahir sekali mengolah daging kambing. Salah satu pelopor adalah “Gulai Bustaman” yang berjualan di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama Semarang.

Meskipun kini gulai kambing yang dikelola oleh masyarakat Kampung Bustaman mudah ditemui di Kota Lama, Pasar Johar, Pintu Kampung Bustaman, Hingga Pecinan Semarang.

Gulai bustaman terdiri dari daging kambing mulai dari otak kambing, kepala kambing, aneka jeroan kambing, sampai kaki kambing. Namun soal rasa, bumbu rempahnya sangat mencolok, menutupi wangi khas daging kambing. Sementara rasa gurih, pedas, dan hangat menjadi rasa khasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *