by

12 Bahan Makanan dan Buah Ini Bisa Membantu Mengurangi Dahak Pada Anak

Maminez.com. 12 Bahan Makanan dan Buah Ini Bisa Membantu Mengurangi Dahak Pada Anak. Duh, Mamz, tadi malam, terpaksa begadangan nih, karena VTJ batuk gak kunjung reda, bahkan semalem setelah minum obat batuk, batuk VTJ makin hebat, suaranya sudah berubah.

Nah, sebelum membahas makanan yang bisa membantu mengurangi dahak saat anak batuk pilek, sebaiknya kita harus tahu dulu, kenapa bisa terjadi batuk berdahak atau istilah kerennya yaitu :

Penyebab Batuk Berdahak Secara Umum

Kita pasti sudah tahu khan Mamz bahwa dahak itu berbentuk nah, jika lendir yang bersarang pada hidung biasanya disebut dengan istilah ingus. Sedangkan lendir yang berada di tenggorokan biasanya disebut dahak.

Pada dasaranya, baik ingus maupun dahak adalah dua hal yang berhubungan, karena keduanya sama-sama infeksi yang menyerang sistem pernafasan manusia.

Ingus bisa menjadi dahak, jika bakteri atau virus berpindah pada tenggorokan. Beberapa orang juga mengalami batuk terlebih dahulu, baru disusul dengan pilek. Hal ini dikarenakan bakteri atau virus dari tenggorokan berpindah ke hidung.

Batuk berdahak atau pilek itu sendiri bisa terjadi karena banyak hal. Berikut beberapa penyebab batuk berdahak yang paling umum yang dilansir dari berbagai sumber karena Maminez bukan dokter ya Mamz ehhe:

  • Infeksi virus, hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh yang terlalu lemah. Biasanya virus memang lebih mudah menyerang seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Virus inilah yang akan menginfkesi bagian tenggorokan dan menyebabkan batuk dan dahak.
  • Infeksi bakteri, bisa menyebabkan tubuh menjadi radang atau infeksi. Jika infeksi atau radang terjadi pada tenggorokan atau saluran pernafasan, bisa jadi akan muncul masalah seperti batuk berdahak, sakit pada bagian tenggorokan, dan rasa tidak nyaman ketika menelan makanan. Hal ini juga akan menciptakan dahak yang begitu banyak, sehingga harus segera dikeluarkan.
  • Penyakit pada paru-paru, yang bisa menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan secara umum. Biasanya jika ada gangguan pada paru-paru, entah itu radang paru-paru, penyakit pneumonia, atau penyakit paru-paru menahun, penderita akan mengalami gejala batuk berdahak yang disertai dengan munculnya lendir pada saluran pernafasan.
  • Gangguan pada lambung, yang menyebabkan asam lambung meningkat, terutama saat tidur di malam hari. Asam lambung yang baik ke tenggorokan bisa menyebabkan peradangan di tenggorokan tersebut, sehingga muncul lendir dan batuk berdahak.
  • Kebiasaan merokok, yang membuat penderita memiliki saluran pernafasan yang terganggu. Merokok juga bisa membuat saluran pencernaan kehilangan kemampuannya untuk menyerap sari-sari dan nutrisi makanan, sehingga daya tahan tubuh menjadi terganggu karena kurang nutrisi atau kurang gizi.

12 Bahan Makanan dan Buah untuk Mengurangi Dahak Anak saat Batuk dan Pilek

Baca Juga :   5 Rahasia Habiskan Waktu Bersama Anak Agar Lebih Berkualitas

Nah, setelah tahu penyebab dahak, yuk kita ulas bahan makanan yang bisa digunakan oleh Mamz, ketika anak sedang batudk berdahak supaya bisa mengurangi dahaknya.

1. Bawang Putih

Bawang Putih terbukti memiliki kandungan Quercetin yang bisa membantu mengobati sel-sel yang rusak akibat inflamasi yang ditimbulkan karena alergi.

Selain mengurangi peradangan, Quercetin juga sangat baik untuk mengobati penyakit saluran nafas kronis dengan mencairkan lendir atau dahak yang membandel.

2. Jahe

Siapa yang tidak tahu khasiat jahe? Tidak hanya mengobati masuk angin. Jahe juga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk anak yang mengalami sakit asma, jahe terbukti mampu mengatasi peradangan terkait asma.

Selain itu, jahe memiliki fungsi detoks yang kuat dan mampu mengembalikan keseimbangan tubuh. Salah satu penyebab keluarnya lendir dan dahak adalah ketidakseimbangan akibat berkurangnya kekebalan tubuh.

Olahan jahe efektif untuk membantu anak mengatasi dahaknya. Selain itu, aroma khas jahe juga bisa membantu menenangkan anak sehingga ia bisa tidur lebih lelap meski sedang pilek.

3. Nanas

Buah nanas mungkin memiliki rasa yang masam. Namun ia adalah sumber penghasil bromelain terbaik. Bromelain adalah suatu enzim yang terdapat pada nanas yang mampu mengatasi peradangan dan pembengkakan. Bahkan pada operasi sinus, nanas biasannya disarankan untuk dikonsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan.

4. Agar-agar

Nah, ini yang biasanya disukai si kecil yang pasti dijamin suka! Agar-agar mampu meredamkan panas didalam tubuh akibat peradangan dan melembabkan tenggorokan. Sifatnya yang kenyal juga mampu ‘menarik’ dahak agar terbawa ke dalam saluran pencernaan.

Agar-agae juga memiliki tinggi serat sehingga memudahkan dahak diproses untuk akhirnya keluar bersama dengan kotoran. Pastikan saja Anda membuat sendiri agar-agarnya ya dan tidak memberikan agar siap makan dengan gula buatan!

5. Jeruk Nipis

Selain jahe, jeruk nipis juga bisa membantu meringankan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kemampuan untuk membersihkan kuman dan bakteri. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama batuk atau flu menyerang.

6. Daun Mint

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak adalah daun mint. Daun mint ini sudah cukup lama dijadikan bahan utama dalam permen-pemen pelega tenggorokan. Hal ini dikarenakan daun mint dapat memberikan kesegaran dan kelegaan pada tenggorokan. Namun fungsi daun mint bukan hanya untuk itu saja, melainkan juga untuk membantu mengurangi atau menghilangkan dahak di dalam tenggorokan.

7. Kunyit

Selain jahe, jenis akar rimpang yang satu ini juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan. Hal ini pulalah yang menyebabkan kunyit sering dijadikan bahan utama pembuatan jamu kesehatan. Kuyit ini sendiri juga bisa membantu menghilangkan dahak di dalam tenggorokan. Namun memang belum banyak yang mengetahui hal ini. Kunyit itu sendiri memang merupakan bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu meredakan batuk maupun flu yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Baca Juga :   Penting! Pelajari Panduan Gizi Anak Saat Diare

8. Lada

Lada merupakan bahan rempah yang sering digunakan juga untuk memasak. Lada ternyata juga berkhasiat untuk melegakan tenggorokan dan membantu menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami.

9. Anggur

Buah yang satu ini ternyata bisa membantu menghilangkan dahak secara alami. Bahkan beberapa orang menyebutkan bahwa anggur merupakan bahan yang paling ampuh jika dibanding bahan lainnya. Hal ini dikarenakan anggur bisa menjadi ekspektoran alami. Seperti yang diketahui bersama, ekspektoran merupakan bahan yang selalu ada dalam obat-obatan flu, batuk, dan pernafasan.

10. Lemon Tea

Untuk penggemar lemon tea, tentu hal ini akan sangat menyenangkan, dimana mengobati batuk berdahak dan mengilangkan dahak bisa dilakukan dengan bahan yang enak. Lemon tea merupakan ramuan tradisional yang terbuat dari teh lemon. Lemon ini sendiri merupakan buah yang manjur untuk menghilangkan lendir pada tenggorokan, karena ada banyak asam sitrat di dalam lemon. Asam sitrat ini jugalah yang ditemukan dalam jeruk nipis, yang berguna untuk mengusir bakteri jahat.

11. Madu

Madu memiliki kandungan antibiotik dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengusir bakteri dan virus penyebab dahak di tenggorokan. Dengan demikian, madu memang merupakan salah satu bahan alami yang ampuh digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada penderita batuk dan flu. Selain itu, madu bisa meningkatkan stamina, karena mengandung banyak vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

12. Telur Ayam Kampung

Siapa sangka, telur ayam kampung ternyata bisa membantu meredakan batuk berdahak sekaligus membantu menghilangkan dahak. Telur ayam kampung memang sejak lama digunakan sebagai bahan alami penambah stamina dan daya kekebalan tubuh. Hal inilah yang bisa membantu tubuh cepat pulih dari bakteri dan infeksi virus yang ada, termasuk yang terjadi pada tenggorokan.

Itu tadi Mamz, 12 Bahan Makanan dan Buah yang bisa membantu mengurangi dahak Anak saat Batuk dan Pilek, juga penyebab umum batuk berdahak semoga bisa membantu ya Mamz.  Jangan lupa untuk Koment dan Share jika merasa Artikel ini berguna ya Mamz. Terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *